RSS

LSM

07 Jun

Lembaga Swadaya Masyarakat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lembaga swadaya masyarakat (disingkat LSM) adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh perorangan ataupun sekelompok orang yang secara sukarela yang memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya.

Organisasi ini dalam terjemahan harfiahnya dari Bahasa Inggris dikenal juga sebagai Organisasi non pemerintah (disingkat ornop atau ONP(Bahasa Inggrisnon-governmental organizationNGO).

Organisasi tersebut bukan menjadi bagian dari pemerintahbirokrasi ataupun negara. Maka secara garis besar organisasi non pemerintah dapat di lihat dengan ciri sbb :

  • Organisasi ini bukan bagian dari pemerintah, birokrasi ataupun negara
  • Dalam melakukan kegiatan tidak bertujuan untuk memperoleh keuntungan (nirlaba)
  • Kegiatan dilakukan untuk kepentingan masyarakat umum, tidak hanya untuk kepentingan para anggota seperti yang di lakukan koperasiataupun organisasi profesi

Berdasarkan Undang-undang No.16 tahun 2001 tentang Yayasan, maka secara umum organisasi non pemerintah di indonesia berbentuk yayasan.

Jenis dan kategori LSM

Secara garis besar dari sekian banyak organisasi non pemerintah yang ada dapat di kategorikan sbb :

  • Organisasi donor, adalah organisasi non pemerintah yang memberikan dukungan biaya bagi kegiatan ornop lain.
  • Organisasi mitra pemerintah, adalah organisasi non pemerintah yang melakukan kegiatan dengan bermitra dengan pemerintah dalam menjalankan kegiatanya.
  • Organisasi profesional, adalah organisasi non pemerintah yang melakukan kegiatan berdasarkan kemampuan profesional tertentu seperti ornop pendidikan, ornop bantuan hukum, ornop jurnalisme, ornop kesehatan, ornop pengembangan ekonomi dll.
  • Organisasi oposisi, adalah organisasi non pemerintah yang melakukan kegiatan dengan memilih untuk menjadi penyeimbang dari kebijakan pemerintah. Ornop ini bertindak melakukan kritik dan pengawasan terhadap keberlangsungan kegiatan pemerintah

PPLH Seloliman merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat  (LSM) yang bergerak dalam bidang pendidikan lingkungan hidup. Didirikan pada 15 Mei 1990 di bawah naungan Yayasan Lingkungan Hidup Seloliman (YLHS).

Dinamakan PPLH Seloliman karena berada di perbukitan sejuk lereng gunung Penanggungan tepatnya berada di Dusun Seloliman, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), PPLH Seloliman  bergerak secara  independen dan tidak berafiliasi pada organisasi sosial-politik manapun serta bukan bagian dari institusi pemerintahan.

VISI

Terbangunnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup yang lestari dan berkelanjutan melalui pendidikan lingkungan hidup.

MISI

  1. Melakukan pendidikan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup
  2. Melakukan upaya-upaya pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup secara bijaksana yang berkelanjutan dengan cara mengembangkan, membantu dan menyebarluaskan informasi serta ilmu pengetahuan yang ramah lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perdamaian umat manusia
  3. Memberikan informasi dan membangun kerjasama dengan masyarakat dalam upaya-upaya pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup secara bijaksana

TUJUAN PPLH

Mendorong terwujudnya kepedulian semua lapisan masyarakat baik secara individu maupun bersama terhadap lingkungan hidup sekitarnya sehingga kerusakan dan penurunan kualitas lingkungan yang terjadi akibat aktivitas kehidupan sehari-hari dapat dikurangi atau bahkan di hindari, sehingga bisa diwariskan kepada generasi mendatang

 

BIDANG GERAK PPLH SELOLIMAN

Bidang gerak utama dari program dan kegiatan PPLH Seloliman adalah Pendidikan Lingkungan Hidup untuk semua golongan dan lapisan masyarakat yang dilakukan secara pendidikan non formal dengan metode alternatif. Adapun yang menjadi isu strategis utama  PPLH Seloliman adalah 3 hal yaitu :

  • Pendidikan Lingkungan dan Pendidikan Umum bagi proses penyadaran
  • Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat
  • Pertanian Organik menuju Kemandirian Petani

Program PPLH Seloliman  dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang lingkungan hidup dengan berbagai aspek yang menyertainya. Ini diharapkan sejalan dengan meningkatnya kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab untuk memelihara dan melestarikan lingkungan.

Dana yang dikelola oleh PPLH Seloliman selain berasal dari hasil usaha sendiri juga berasal dari donatur perseorangan ataupun lembaga penyandang dana baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk terlaksananya program dengan baik, PPLH Seloliman  menjalin hubungan dengan berbagai lapisan masyarakat, institusi swasta atau pemerintah.

 

“sumber : dari wikipedia sama catetan kuliah ane”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juni 2011 in hukum lingkungan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: