RSS

macam-macam faktor jiwa

07 Jun

Ajaran Abidhama membagi factor jiwa ke dalam dua macam :

  1. Kusula             : berarti murni, baik, sehat
  2. Akusula           : berarti tidak murni,tidak baik, tidak sehat

Factor-faktor jiwa tidak sehat adalah penyebab jiwa menjadi kaku, tidak luwes, dan jika dominan maka orang jadi lamban. Intinya factor tidak sehat terdiri dari sikapsikap negative. Dan sebaliknya factor jiwa sehat terdiri dari sikap-sikap positif. Factor jiwa sehat bersifat polar dengan lawannya. Jalan tengah tidak ada. Prinsip polar tersebut dijadikan cara untuk membuat jiwa yang sehat, yakni menggantikan factor-faktor tidak sehat dengan factor yan sehathal ini merupakan prinsip resiprokal atau hambatan timbale balik.

Dinamika kepribadian

Dinamika kepribadian adalah gerak kepribadian yang menjelma dalam tinkah laku, baik yang tampak maupun yan tidak tampak, terjadi karena interaksi antara factor sehat dan tidak sehat.jika terjadi dominasi dari salah satu factor maka akan menghasilkan tipe kepribadian atau tungkah laku tertentu pada individu yang bersangkutan.

Beberapa contoh interaksi berbagai factor jiwa a bagaimana prilaku terjadi :

  1. Factor-faktor tidak sehat seperti ketamakan, kekikiran, irihati, dan kemuakan di lawan oleh factor-faktorseperti ketidak terikatan ( alobha ), adosa ( ketidak muakan ), tatramajjhata ( tidak memihak ), dan passadhi ( sikap tenang ), mencerminkan ketenangan fisik dan jiwa yang terjadi karena berkurangnya perasaanketerikatan.
  2. Sikap egoism, irihati, kemuakan, menyebabkan orang haus atau mendam,bakan pekerjaan yang terpandang, tinggi dan mewah, atau iri dengan orang yang mempunyai pekerjaan seperti itu.
  3. Apabila sikap gembira, luwes, dan kecakapan yang muncul pada prilaku, maka seseorang akan berfikir dan bertindak dengan leluasa, mewujudkan keterampilansecara maksimal.

Tipe-tip kepribadian

Di dalam buku Visudhamagga tipe kepribadian di bagi menjadi beberapa macam :

  • Tipe orang suka kenikmata: berpenamplan menarik, melakukan tugas dengan seni, rapi, dan sangat berhati-hati.jika melihat objek yang menyenangkan, akan sangat berhati-hati untuk mengguminya, trpesona oleh tindakan, dan tidak memperhatikan keurangannya. Segi negatifnya ialah   suka berlagak, suka menipu, tamak, tidak mudah puas, penuh nafsu, dan sembrono.
  • Tipe orang pembenci : jika bekerja kasar dan sembrono,berpakaian tidak rapi, suka makanan pedas dan asam, tidak tertarik pada obek-objek yang indah,da selalu memperhatikan kekurangan ampai yang sekecil-kecilnya. Cept marah, penuh kebencian, kejam, iri hati dan kikir
  • Tipe orang delusi: pakaian compang camping, pekerjaan mereka tidak terampil,jorok, sering berkelakuan malas, kaku, mudah menyerah.

 

TEORI KEPRIBADIAN JEN DARI HSU

Francis L.K. Hsu adalah warga Negara USAketurunan Cina. Ia adalah sarjana filsafat, antropologi, kesusastraan Cina klasik dan psikologi. Dengan keahlian dalam ilmu-ilmu tersebu Hsu menyusun konsep kepribadian Timur sebagai alternative dari konsep kepribadian menurut psikologi barat. Teorinya disebut teori kepribadian jen dari kesusastraan Cina, yang berarti manusia yang berjiwa selaras, manusia yang berkepribadian.

Struktur kepribadian dan jiwa manusia timur digambarkan sebagai lingkaran-lingkaran yang konsentris. Setiap lingkaran menggambarkan suatu alam kehidupan jiwa manusia dengan berbagai macam isinya.

Hsu menggambarkan lingkungan alam kehidupan jiwa manusia atau kepribadian manusia ke dalam delapan lingkaran konsentris. Lingkaran-lingkaran tersebut hanyatehnis atau analisa, tentu kenyataannya tidak matematis, sehingga gambarnya  bukan lingkaran persis. Lingkaran ke tujuh sebagau pusatnya.

Lingkaran enam dan tujuh merupakan lapisan bawah sadar, mirip dengan konsep Sigmund Frued. Lapisan lima merupakan lapisan kesadaran yang tidak dinyatkan. Sedangkan lingkaran empat adalah lapisan kesadaran yang dinyatakan, di samping itu lapisan tiga dan empat adalah lapisan hubungan akrabatau karib, menggambarkan konsep manusia berjiwa selaras. Lingkungan hidup kejiwaan dengan hubungan kegunaan digambarkan dengan lingkaran kedua. Lingkaran nomer satu sebagai gambaran lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dalam alam jiwa tentang manusia, benda-benda, pengetahuan, adat, dan sebagainya.lingkaran nomer nol yang merupakan lingkaran ke delapan merupakan lingkungan dunia luar. Terdiri dari pikiran dan anggapan-anggapan seperti yang terdapat pada lingkaran nomer satu. Bedanya adalah lingkaran nomer satu di luar masyarakat individu yang bersangkutan, tetapi masih dalam lingkungan bangsa. Sedangkan kejiwaan dalam lingkaran nomer nol telah terletak di luar masyarakat dan bangsa dari individu yang bersangkutan.

 

 

 

TEORI KEPRIBADIAN KRAMADANGSA

Teori kepribadian kramadangsa merupakan ajaran psikologi dari airan kebatinan Kawruh Begja yang di pimpin oleh Ki Ageng Suryomentaram. Ki Ageng Suryomentaram merupakan keturunan Putra ke 55 dari Sultan Hamengkubuwono VII.

Di dalam geraka kebatinan Kawruh Begja ada istilah Pengawikan yang artinya pengetahuan. Pengawikan jiwa artinya pengetahuan tentang jiwa manusia, yang juga seterusnya tentang kepribadian.

Ki Ageng Suryomentaram mengatakan manusia sebagai mahluk berfikir dan mahluk social. Sebagai mahluk social manusia berbeda dengan hewan. Dan sebagai mahluk social manusia bergaul dan bermasyarakat.

Kejiwaan manusia : kepribadian

Di sini akan di bahas mengenai kejiwaan manusia dan stuktur jiwa manusia :

  1. Pengawikan Pribadi

Dari dahulu orang telah mengetahui bahwa manusia terdiri dari raga dan jiwa. Raga adalah bagian manusia yang tampak. Sedangkan jiwa adalah bagian manusia yang tidak tampak atau abstrak. Walaupun demikian jiwa ityu ada.adanya jiwa ditunjukkan dengan adanya rasa. Rasa adalah segala gerak alam batin yang meliputi perasaan-perasaan, gagasan, atau pikiran dan keinginan. Jadi Ki Ageng Suryomentaram menyamakan jiwa dengan rasa. Segala tindakan manusia didorong oleh rasa.

  1. Struktur kejiwaan manusia

Secara garis besar menurut Ki Ageng Mentaram mengenai struktur kejiwaan manusia dapat di sajikan sebagai berikut:

  1. Keinginan : sebagai asal usul yang bersifat abadi
  2. Dari keinginan timbul rasa hidup yang menjadi pendorong semua tindakan manusia.rasa hidup mendiferensiasi fungsional koordinatuf dalam kemampuan Cipta, Karsa, dan Rasa.
  3. Dalam hidup di dunia inimanusia dengan Rasa Karmadangsa melakukan pengembanganakal budi dalam bidang :
    1. Rasa senang dan susah
    2. Rasa sama
    3. Rasa damai
    4. Rasa tabah
    5. Rasa iri dan sombong
    6. Rasa khawatir dan sesal
    7. Rasa bebas

 

Kramadangsa selalu berfikir untuk mencapai kebahagiaan dan menghindari celaka. Dalam hal ini Ki Ageng Suryomentaram member penjelasan sebagai berikut :

Orang miskin merasa celaka lalu menggagas kebahagiaan orang kaya. Orang rendah drajatnya menggagas tinggi drajatnya, orang yang tidak berkuasa menggagas berkuasa, jelek menggagas baik,curang menggagas jujur, pemarah menggagas sabar, pemalas menggagas rajin dan sebagainya. (Ki Ageng Suryomentaram, Dr. grangsang Suryomentaram, seri VI, 1978, p, 9)  

Objek-objek yang digagas oleh Kramadangsa terutama ialah :

  1. Semat, menyangkut kekayaan
  2. Drajat, menyangkut kehormatan
  3. Kramat, menyangkut kekuasaan.

Inti kepribadian manusia

Rasa keakuan Kramadangsa bukanlah inti dari pribadi manusia, namun hanya sekedar identitas. Seperti laki-laki, perempuan, tua, muda, kaya, miskin, gila, kikir, pandai, bodoh dan sebagainya. Inti pribadi manusia adalah manusia baru tanpa ciri yakni yang mampu mengatasi Kramadangsa. Di dalam manusia baru terdapat kesadaran yang mengawasi gerak rasa keakuan Kramadangsa dengan segala rasa tanggapan gagasan serta keinginannya.

 

“sumber : m.ikshan ghumaiyri” temen ane kosss, kuliah di UIN jurusan Psikologi angkatan 2010″

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juni 2011 in psikologi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: